This page is intended for users in Hong Kong. Go to the page for users in United States.

Wantedly Journal | 仕事でココロオドルってなんだろう?

Company

Glocal! Global but Local, Budaya Kerja di LINE Indonesia

LINE Indonesia: Mendekatkan Para Pengguna Global Dengan Cara Lokal

2017/01/03

Salah satu dampak dari perkembangan teknologi informasi adalah kemudahan dalam berkomunikasi. Tak heran jika industri yang berhubungan dengan komunikasi menjamur, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ini adalah LINE. Terkenal sebagai aplikasi chatting, tapi fitur yang dimiliki LINE lebih dari sekedar aplikasi chatting. Terdapat berbagai produk lain, mulai dari Webtoon hingga LINE Games yang bisa dinikmati pengguna aplikasi ini.

Tak heran jika banyak orang yang akhirnya tertarik untuk bekerja di perusahaan satu ini. Mengingat variasi produknya memungkinkan para pekerja mendapatkan pembelajaran yang luas. Apalagi LINE merupakan perusahaan Global yang berpusat di Jepang. Namun sejak tahun 2015 lalu, LINE sudah mengembangkan sayap perusahaan ke Indonesia. Sehingga kini peluang untuk orang Indonesia untuk berkarir di LINE Indonesia menjadi terbuka lebar. Untuk itu, mari kita mengenal lebih dekat bagaimana perusahaan LINE di Indonesia!

Kantor LINE Indonesia

Closing the Distance

Pada bulan Maret lalu, LINE baru saja menyelenggarakan “LINE Conference Tokyo 2016” dan mengumumkan berbagai platform bisnis baru mereka, guna mencapai misi LINE untuk “Closing the Distance”. Sesuai dengan misi ini, berbagai fitur dan platform bisnis yang dibangun oleh LINE sendiri bertujuan untuk mendekatkan para pengguna aplikasi ini dengan berbagai bisnis dan jasa. Tentunya melalui LINE, pengguna semakin mudah dan nyaman dalam memanfaatkan produk-produk lain dari LINE.

Seperti yang dilansir dari situs resmi LINE, platform-platform tersebut berupa ekspansi fitur-fitur akun LINE, mulai dari Reward Card, Coupon Book, dan Commerce. Hingga berbagai platform lain yang bisa menghilangkan jarak antara pengguna dan LINE atau produk bisnis lainnya yang menggunakan LINE sebagai platform mereka.

____________________________________________________________________________

Melihat bagaimana LINE mencoba untuk menjadi jembatan komunikasi yang mendekatkan pengguna dengan berbagai hal, tentu kita penasaran bagaimana sih komunikasi di dalam perusahaan LINE sendiri? Maka dari itu kali ini tim Wantedly akan mengajak kalian mengintip kantor LINE Indonesia! Ditemani Rina Sartika dan Teddy Arifiantio, tim Wantedly akan mengupas bagaimana keseharian bekerja di LINE Indonesia.

Rina Sartika, Head of HR LINE Indonesia

Komunikasi ala LINE

Memiliki produk utama berupa aplikasi chatting, tentu membuat komunikasi menjadi aspek utama yang menjadi perhatian perusahaan ini. Wajar saja, mengingat setiap divisi yang ada di LINE Indonesia masih harus sejalan dengan LINE yang berpusat di Jepang dan Korea.

Dalam hal ini, para anggota tim LINE Indonesia justru memanfaatkan aplikasi LINE untuk bekerja dan aktivitas sehari-hari mereka, loh! Setiap tim atau divisi sudah pasti memiliki group chatting masing-masing dan grup lain yang berhubungan dengan berbagai proyek. Namun, pada akhirnya grup-grup ini akan menjadi media mereka untuk saling berbagi informasi dan membangun keakraban.

Selain menggunakan aplikasi, tentu komunikasi secara langsung juga sangat penting. Untuk itu, secara rutin diadakan general meeting. Di luar itu, tiap divisi memiliki rutinitas meeting masing-masing. Rina percaya bahwa dengan komunikasi langsung, kita dapat lebih mengenal rekan kerja kita, apa yang menjadi permasalahan dan langsung mencari pemecahannya.

“Setiap divisi tentu memiliki bagian masing-masing dan pekerjaan yang berbeda. Dengan meeting bulanan inilah kita saling update informasi. Selain itu, dengan meeting ini kita juga mendapat berbagai update dari pusat”, jelas Teddy.

Berbicara mengenai komunikasi, bahasa tentu menjadi media utamanya dan LINE Indonesia mengutamakan bahasa Inggris karena dianggap sebagai bahasa yang global.

“Inggris adalah bahasa yang global, tapi LINE Indonesia sangat memberikan dukungan kepada siapapun yang hendak mempelajari bahasa Jepang dan Korea,” ungkap Rina

Teddy Arifianto, Team Leader of Public Relations LINE Indonesia saat mengajak Tim Wantedly melihat-lihat kantor LINE Indonesia

Teddy Arifianto, Team Leader of Public Relations LINE Indonesia saat mengajak Tim Wantedly melihat-lihat kantor LINE Indonesia
Tidak Hanya Komunikasi, Tapi Juga Kreativitas dan Kerja Keras!

Selain komunikasi yang baik, bekerja di LINE Indonesia juga sangat identik dengan kreativitas dan kerja keras. Tidak hanya dapat dilihat dari suasana kantor yang dipenuhi pernak-pernik unik, sisi kreativitas juga tercermin dari bagaimana mereka menjalani keseharian kerja di kantor. Guna menghasilkan hasil terbaik, tak jarang terjadi kesalahan. Namun menurut Rina, kesalahan adalah bagian dari pembelajaran dan hal itu sangatlah wajar.

Ketika disinggung mengenai kerja keras, Rina tidak ingin identik dengan lembur (overtime). Menurutnya kerja keras dan lembur adalah dua hal yang berbeda. Ketika seseorang mampu mengatur waktu dengan mencapai target tepat waktu, maka lembur sebenarnya tidak perlu terjadi. Nyatanya sampai saat ini kerja lembur masih cukup jarang terjadi.

Tentunya hal ini telah dipersiapkan sejak para anggota tim LINE Indonesia bergabung. Mulai dari pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh tim HR, hingga pelatihan dari manager divisi tekait. Di luar itu bahkan terdapat pelatihan berbagai kemampuan dasar, seperti negosiasi, presentasi, hingga kesempatan untuk mengikuti workshop tahunan di Korea ataupun Jepang!

Suasana Kantor LINE Indonesia
Global, tapi Lokal!

Berbicara mengenai budaya yang ada di LINE Indonesia, Rina mengungkapkan, ”Sebagai perusahaan global, saya rasa kita memiliki nilai umum yang sama, yaitu kerja keras dan kreativitas. Namun, setiap negara pada dasarnya memiliki keunikan sendiri dan sampai saat ini kita terus mengidentifikasi culture yang tepat”.

Rina sendiri yang sempat bekerja di perusahaan global lain mengatakan bahwa pengalamannya bekerja di LINE Indonesia banyak memberikan pengalaman baru. Budaya lokal yang berbaur justru membuat keunikan tersendiri bagi Rina dalam menjalani kesehariannya di LINE Indonesia

Memiliki beberapa kantor di berbagai negara, tak membuat LINE mengesampingkan nilai-nilai lokal. Seperti yang dikatakan Teddy, “LINE itu ‘Glocal’, global but local. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya campaign lokal, yang nyatanya memiliki porsi yang cukup besar”.

____________________________________________________________________________

Bekerja GLOCAL di LINE Indonesia

Ketika diminta mendefinisikan, Rina mengatakan pegawai yang baik tentunya pegawai yang bisa menyelesaikan semuanya tanpa masalah. Namun, pegawai yang luar biasa sebenarnya melebihi itu, yaitu juga bisa mendukung rekan-rekannya untuk mencapai tujuan.

Maka dari itu, tak heran jika LINE Indonesia sangat terbuka untuk para anak muda yang penuh kreativitas serta mampu menghadapi berbagai tantangan dan tekanan. Serta tentunya siap untuk bekerja dengan nilai “GLOCAL” di LINE Indonesia!

NEXT